Suzuki Jimny 5 Pintu

Sederet Fitur yang Bikin Suzuki Jimny 5 Pintu Piawai Main Lumpur

Suzuki Jimny 5 Pintu

Sedari generasi pertama dan kini generasi keempat, desain Suzuki Jimny tidak berubah. Suzuki Jimny tetap digunakan sebagai mobil yang lincah di lintasab offroad. Tak terkecuali mosel terbaru Suzuki Jimny 5 pintu yang baru meluncur beberapa bulan lalu.

Suzuki Jimny 5 pintu, seperti saudaranya yang varian 3 pintu. Dirancang dari sasis ladder frame lalu dibekali dengan sistem gerak four wheel drive yang dinamakan AllGrip Pro. Ada tiga mode pada AllGrip Pro, yakni 2 H untuk perjalanan aspal, 4H buat off road dan 4L untuk kontur jalan lebih ekstrem seperti lumpur atau batuan lepas.

Proses perubahan dari 2H ke 4H atau sebaliknya bisa dilakukan on the fly alias saat berkendara. Sementara untuk pindah ke 4H maka mobil ini perlu berhenti dan dicatat fitur kontrol traksi otomatis mati di mode ini.

Urusan suspensi mobil ini dibekali 3 – link rigid axle dengan coil spring di depan dan belakang mobil. Mekanika ini membuat salah satu roda di tiap axle bisa terangkat saat roda lainnya tertekan ke bawah yang berguna untuk melintasi medan jalan yang berbeda ketinggiannya.

Hill Descent Control membuat Suzuki Jimny 5 Pintu dapat mengontrol kecepatan maksiaml 10 kilometer per jam ketika melintasi turunan. Tanpa perlu perintah rem dari pengemudi. Selain itu ada pula fitur hill hold assist yang akan otomatis menahan bodi mobil selama kira – kira 2 detik saat berhenti di tanjakan tanpa perlu direm.

Fitur Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 pintu juga dilengkapi brake limited slip diferrential traction control yang berfungsi menghentikan roda yang tidak mendapat traksi. Lalu memaksimalkan torsi untuk roda yang mendapat traksi. Fitur ini sangat berguna untuk mematikan kerja roda yang slip sehingga memudahkan keluar rintangan pada medan off road.

Fitur lainnya yang bisa membantu saat berkelana offroad. Misalnya washer pada lampu utama untuk membersihkan kotoran lumpur. Lalu ada pula desain atap yang punya aliran air jadi pemirsa tidak kebasahan saat masuk dan keluar mobil. Selain itu area pinggiran atap sudah dirancang khusus agar dapat dipasangi roof box.

Secara dimensi mobil Jimny 5 pintu ini panjangnya 3,965 meter, lebar 1,645 meter, tinggi 1,72 meter dan wheelbase 2,59 meter. Lebar dan tinggi Jimny 5 pintu mirip dengan Jimny yang tiga pintu. Namun mobil ini lebih panjang 31,5 sentimeter dan wheelbase nya lebih panjang 34 sentimeter.

Wheelbase dan dimensi panjang ini membuat radius putar mobil Jimny ini menjadi 5,7 meter, lebih lebar dari Jimny 3 pintu 4,85 meter. Ukuran melar ini juga membuat berat kotornya menjadi 1.545 kg, lebih berat 110 kg dari varian yang 3 pintu.

Fitur Suzuki Jimny 5 pintu

Ground clearance pada Suzuki Jimny 5 pintu ini adalah 210 sentimeter. Ini sangat berguna untuk mobil ini melibas medan – medan jalan yang sulit. Lalu dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 40 liter yang lumayan besar ini cukup buat berpertualang ke daerah yang sulit.

Mobil ini menggunakan mesin K15B 4 silinder 1.500 cc seperti yang ditemukan di Ertiga. menjadikannya mobil ini mudah dirawat karena sebagian besar komponennya mirip. Tenaga yang dikeluarkan mobil Suzuki Jimny 5 pintu ini berkisar 100 hp dengan torsi 130 Nm.

Di atas kertas tenaga dan torsi yang dimiliki mobil ini tidak terlalu istimewa, namun sudah cukup mumpuni untuk mobil Jimny 5 pintu ini bermain off road.

Faktor utama mobil ini lihai berjibaku dengan medan offroad adalah karena desainnya yang ringkas mengotak, bodinya menjauh dari permukaan jalan serta overhang pendek di depan dan belakang.

Silahkan cek juga: Berita Otomotif 3 Agustus 2024

Ramuan itu menghasilkan approach angle 36 derajat, ramp breakover angle 24 derajat dan departure angle 47 derajat. Sebagai perbandingan Jimny 3 pintu memiliki approach angle 37 derajat, ramp breakover angle 28 derajat dan departure angle 49 derajat.

Berapa Pajak Mobil Suzuki ini? Ini Estimasinya per Tahun

Suzuki Jimny 5 pintu hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Sjow (GIIAS) 2024. Selama pameran otomotif ini berlangsung, SUV legendaris itu menjadi mobil yang paling banyak dicoba pengunjung.

Menurut data internal Suzuki, sekitar 30 persen dari total peserta test drive mencoba Suzuki Jimny 5 pintu. Hal ini penting bagi calon pembeli untuk merasakan pengalaman berkendara mobil ini secara langsung.

Namun sebelum para pemirsa membeli mobil Suzuki ini, sebaiknya para pemirsa mengetahui pajak mobil off road ini terlebih dahulu. lantas berpa besaran pajak pada mobil andalan Suzuki ini? Simak infonya di bawah ini.

Pajak Jimny 5 Pintu

Komponen pajak mobil Suzuki ini yang perlu dibayarkan para pemilik kendaraan terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Berikut rinciannya.

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

PKB adalah pajak tahunan yang harus dibayar oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Di Jakarta, PKB untuk mobil Jimny 5 pintu ini berkisar sebesar 1,5% hingga 2% dari NJKB.

Pajak progresif pada kendaraan bermotor di DKI Jakarta ini sesuai dengan yang diatur dalam Perda DKI 8/2010, sebagaimana diubah menjadi Perda DKI 2/2015.

Berdasarkan perkiraan NJKB, mobil Jimny 5 pintu dengan transmisi manual dibanderol dengan harga sebesar 465 juta. Maka PKB yang harus dibayar sekitar Rp 6,9 juta hingga Rp 9,3 juta per tahun.

Sementara itu, mobil Jimny 5 pintu dengan transmisi otomatis dihargai sebesar Rp 478,6 juta, sehingga PKB yang harus dibayar sekitar Rp 7,1 juta hingga 9,5 juta per tahun.

  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)

SWDKLLJ adalah sumbangan wajib yang digunakan untuk dana kecelakaan lalu lintas. Besarannya tetap, yaitu Rp 143 ribu per tahun untuk kendaraan penumpang.

Berdasarkan komponen pajak di atas, berikut estimasi total pajak tahunan yang harus dibayar oleh para pemilik Suzuki Jimny 5 pintu ini.

Transmisi Manual

  • PKB = Rp 6,9 juta hingga Rp 9,3 juta.
  • SWDKLLJ = Rp 143 ribu.
  • Total = Rp 7 hingga 9,4 jutaan

Transmisi Otomatis

  • PKB = Rp 7,1 hingga 9,4 juta.
  • SWDKLLJ = Rp 143 ribu.
  • Total = Rp 7,2 hingga 9,6 juta.

Spesifikasi Singkat

Secara spesifikasi, Suzuki Jimny 5 pintu ini memiliki panjang 3.985 mm, tinggi 1.645, dan lebar 1.720 mm/ Mobil ini dilengkapi sistem penggerak AllGrip Pro untuk memaksimalkan kemampuan off roadnya.

Beralih ke jantung mekanisnya, Jimny 5 pintu mengandalkan mesin K15B 4 silinder naturally aspirated, mesin yang identik seperti Suzuki Ertiga dan Suzuki Carry. Outpu tenaganya mencapai 103 Ps di 6.000 RPM dan torsi 134 Nm di putaran 4.000 RPM.

Kemudian pada fiturnya, Suzuki membekali mobil Jimny 5 pintu ini dengan Hill Descent Control dan Hill Hold Assist untuk memudahkan mobil ini bermanuver di jalan menanjak atau turunan.

Updated: August 4, 2024 — 12:32 pm
Berita Otomotif Terkini © 2024 Frontier Theme