Berita Otomotif 1 Agustus 2024

Otomotif 1 Agustus 2024 – Ikuti Toyota, Subaru WRX Memakai Bahan Bakar Sintetis buat Balapan

Otomotif 1 Agustus 2024

Otomotif 1 Agustus 2024 – Toyota mengambil banyak langkah untuk menuju karbon netral. Langkah Toyota ini juga akan diikuti oleh Subaru yang belum lama ini mencoba bahan bakar sintetis untuk balapan.

Dilansir dari Carbuzz.com, pada Rabu 31 Juli kemarin. Subaru menggunakan bahan bakar sintetis pada Subaru WRX untuk berlaga di Super Taikyu Series di Jepang. Sedikit berbeda dengan Toyota yang memakai bahan bakar hidrogen pada Toyota GR Corolla.

Subaru WRX yang menenggak bahan bakar sintetis ini diberi nama High Performance X Future Concept. Untuk sektor dapur pacunya masih mengandalkan mesin Boxer 2.400 cc dengan induksi turbo, yang juga digunakan pada versi standarnya.

Tenaga yang dihasilkan tidak berbeda jauh dari versi standarnya yaitu 294 Ps dengan torsi 400 Nm. Sayangnya, tidak diungkapkan secara detail modifikasi apa saja yang dilakukan oleh Subaru pada sistem pembakaran bahan bakar Subaru WRX. Agar dapat menggunakan bahan bakar sintetis yang dimaksud.

Subaru menyatakan bahwa langkah ini masih sebatas research & development. Subaru meyakini bahwa penggunaan bahan bakar sintetis ini bukan hanya sekadar untuk balap. Tetapi juga mobil – mobil yang akan Subaru produksi secara massal.

Banyak yang menyebut langkah ini sebagai strategi pada mobil berperdorma denga embel – embel STi. Namun Subaru menyampaikan bahwa hadirnya Subaru WRX dengan bahan bakar sintetis ini. Masih hanya sebatas studi dan akan lebih difokuskan untuk mobil produksi massal.

Subaru juga menyebutkan bahwa uji coba penggunaan bahan bakar sintetis ini. Akan menjadi tolok ukur untuk mengembangkan generasi terbaru WRX STi.

Otomotif 1 Agustus 2024 – Pemesanan Toyota di GIIAS 2024 Didominasi Kijang Innova dan Avanza – Veloz

Otomotif 1 Agustus 2024 – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 sudah berakhir. Kini saatnya para pabrikan otomotif melakukan laporan jumlah pemesanan selama pameran berlangsung. Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim sudah mencatatkan pertumbuhan penjualan positif di pameran GIIAS ini. Terkumpul total SPK sebanyak 6.202 unit. Angka penjualan ini didominasi oleh Toyota Kijang Innova sebagai mobil favorit keluarga Indonesia dengan 1.968 unit atau 31 persen. Kemudian disusul oleh duo Avanza dan Veloz dengan 1.395 unit atau 22 persen.

Toyota All New Kijang Innova Zenix HEV dengan komposisi penjualan 75 persen dibanding versi gasoline nya kembali menjadi jagoan pemesana kendaraan elektrifikasi (xEV) berupa capaian SPK 1.305 unit. Secara total, raihan SPK x EV Toyota sebanyak 1.724 unit. Meningkat 37 persen dari total SPK xEV tahun lalu.

“PT Toyota Astra Motor (TAM) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pengunjung GIIAS 2024. Mereka masih menjadikan produk – produk Toyota sebagai pilihan utama mobilitas, termasuk berbagai model elektrifikasi. Semoga catatan penjualan positif ini dapat memperkuat penjualan Toyota. Serta berkontribusi besar terhadap peningkatan pasar otomotif nasional pada semester kedua 2024,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Mobil Terlaris Toyota di GIIAS 2024

Selama gelaran pameran berlangsung antara 18 Juli hingga 28 Juli 2024, Toyota Kijang Innova mendominasi SPK sebesar 1.968 un it (31 persen) dari total SPK Toyota 6.202 unit. Porsi terbesarnya ada pada Toyota All New Kijang Innova Zenix HEV. Kemudian Avanza dan Veloz membuntuti di tempat kedua dengan SPK 1.395 unit atau 22 persen dari total SPK Toyota.

“Rasanya saat ini teknologi Hybrid masih menjadi pilihan solusi mobilitas yang sangat relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, Hybrid EV toyota dapat mendominasi penjualan di GIIAS 2024. Mengingat pelanggan bisa ikut andil dalam mengurangi emisi tanpa perlu repot – repot mengubah kebiasaan mobilitas. Berkat opsi yang semakin lengkap, kami berharap pasar kendaraan elektrifikasi Toyota termasuk Hybrid EV akan terus tumbuh. Sehingga menyediakan lebih banayak cara mewujudkan karbon netral,” ucap Anton Jimmy Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor.

Mobil Terlaris Toyota di GIIAS 2024

Kendaraan elektrifikasi termasuk Hybrid EV mencatat total SPK 1.724 unit atau 27 persen dari perolehan SPK Toyota. Komposisi ini meningkat 5 persen dari GIIAS tahun lalu. Toyota All New Kijang Innova Zenix HEV kembali mencatatkan SPK sebanyak 1.305 unit, diikuti oleh Toyota All New Yaris Cross HEV dengan jumlah 240 unit. Komposisi SPK yang diperoleh keduanya adalah lebih dari 75 persen dari total penjualan Toyota All New Kijang Innova Zenix HEV dan Toyota All New Yaris Cross HEV selama 11 hari pameran.

Silahkan cek juga: Berita Otomotif 31 Juli 2024

Toyota All New Alphard HEV yang launching pada GIIAS 2023 lalu, mengantongi SPK sebesar 121 unit bersama saudara kembarnya Toyota All New HEV sebanyak 25 unit. Kemudian disusul oleh Toyota New Corolla HEV sebanyak 23 unit. Pada pre – booking perdana di GIIAS 2024, Hilux Rangga berhasil kumpulkan ratusan order. Hilux Rangga hadir dengan berbagai bentuk konversi seperti camper van, mobile waste station dan LED box. Termasuk di area test drive terutama model Hilux Rangga flat deck yang memiliki beban sebesar 1,2 ton, turut mencuri perhatian pengunjung. Alhasil, jumlah pemesanan Hilux Rangga turut mencatatkan hasil yang menggembirakan. Hingga menyentuh angka lebih dari 450 pemesan.

Toyota juga mempertahankan gelar bergengsi dari GIIAS 2024. Selain penjualan Toyota yang berhasil mencatatkan capaian positif, Toyota juga menyandang julukan sebagai Favourite Booth Passenger selama 2 tahun berturut – turut dengan luas area 2.500 meter persegi.

Vespa S 125 Tidak Lagi Dijual di Indonesia, Indikasi Disuntik Mati?

Otomotif 1 Agustus 2024 – Beberapa waktu lalu, pihak Piaggio Indonesia mengumumkan akan menghentikan produksi Vespa Batik berbasis LX-125. Sebagai gantinya, Vespa Batik mendapatkan basis model terbarunya dengan menggunakan basis model Primavera. Tetapi siapa sangka, ada satu model lagi yang ternyata sudah discontinue yaitu Vespa S 125.

“Sebenarnya Vespa S sudah tidak dijual lagi sejak Februari kemarin,” pungkas salah satu tenaga sales di dealer Piaggio Vespa. Motor matic mewah 125 cc ini masih terpampang di website resmi vespa.co.id hingga beberapa hari lalu, sampai foto produk Vespa S 125 hilang pada website tersebut. Hanya Vespa LX-125 i-get yang merupakan model entry level Vespa lain selain Vespa S 125, yang tersedia di laman vespa.co.id.

Tak hanya disitu saja, pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang. Motor ini tidak terpajang di booth Piaggio Indonesia.

Sebagai catatan, walau disebut vespa entry level. harganya setara dengan motor matic 150 cc pabrikan Jepang dengan kasta tertinggi, yakni Yamaha All New NMAX Turbo Tech Max Ultimate. Yang dimana harga terakhir Vespa S 125 dibanderol dengan harga 45,5 juta untuk OTR Jakarta.

Updated: August 3, 2024 — 8:20 am
Berita Otomotif Terkini © 2024 Frontier Theme