Berita Otomotif 31 Juli 2024

Otomotif 31 Juli 2024 – Geber Yamaha NMAX ‘Turbo’ Jakarta – Cirebon, Segini Hasil Konsumsi BBM nya

Otomotif 31 Juli 2024

Otomotif 31 Juli 2024 – Sebelumnya mimin telah mencoba impresi berkendara dengan Yamaha NMAX ‘Turbo’ di sirkuit Sentul. Setelah pengujian disana didapatkan hasil konsumsi rata – rata berdasarkan layar bawaannya sebesar 33,8 km/liter. Lantas, bagaimana angka konsumsinya jika diajak ke luar kota?

Mimin beserta rekan – rekan berkesempatan menjajal NMAX ‘Turbo’ dalam suatu acara yang diselenggarakan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Estafet pertama dimulai dari Jakarta ke Jogja selama tiga hari.

Berangkat dari Yamaha Flagship Store di Cempaka Putih, motor dalam kondisi full tank. Trip meter di reset menjadi nol. Agenda hari pertama adalah menuju Cirebon melalui jalur Pantura yang biasa dilalui para pemudik motor di saat Hari Raya Idul Fitri.

Perjalanan kali ini seklaigus mimin manfaatkan untuk mencoba fitur ‘Turbo’ atau bahasa aslinya YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission) pada NMAX terbaru ini. Mudahnya, komponen ini mengganti fungsi roller konvensional yang umum dijumpai pada motor skutik lainnya.

Ada dua pilihan mode berkendara yaitu mode T (Town) dan mode S (Sport). Setiap pemilihan riding modenya memiliki tiga level settingan yang bisa disesuaikan mulai dari Low (1), Medium (2), dan High (3).

Geber Yamaha NMAX ‘Turbo’ Jakarta – Cirebon, Segini Hasil Konsumsi BBM nya

Baik, pagi – pagi sekali lansung tancap gas berangkat. Kondisi motor dikemudikan mimin seorang diri dengan tinggi badan setinggi 174 cm dan bobot 60 kg. Serta tidak membawa banyak barang bawaan di atas motor. Dari Jakarta menerabas Bekasi hingga Cikampek, mimin memilih menggunakan mode T dalam berkendara.

Lalu lintas tergolong ramai lancar dengan kecepatan rata – rata 40 km/jam, sejujurnya pada kesempatan ini mimin jarang sekali mengaktifkan fitur ‘turbo’ ini karena performa mesin secara normal pun sudah sangat mumpuni.

Barulah selepas istirahat sejenak di Cikampek, mimin bersama rekan – rekan melanjutkan perjalanan ke Indramayu. Kami menyusuri jalur Pantai Utara yang panjang serta saat itu lalu lintas kebanyakan sedang sepi dan minim kemacetan.

Langsung saja, sekali nampak jalanan yang kosong, mimin mengaktifkan fitur ‘turbo’ pada pilihan mode S. Memang benar ada hentakan instant begitu tombol Y-Shift yang ada di sebelah kiri kemudi ditekan.

Tekan tiga kali secara cepat membuatnya langsung naik ke level 3 atau High. Sontak, putaran mesin menjadi sangat cepat dan Variable Valve Actuation (VVA) juga ikut aktif. Motor dapat digeber semampu mimin hingga kecepatan 110 km/jam.

Sebenarnya ada catatan menarik mengenai fitur YECVT saat digunakan di jalan yang lurus dan mulus. Benar adanya bahwa fitur ‘turbo’ yang disematkan pada motor ini bikin NMAX berakselerasi lebih cepat. Hanya saja itu tidak membuat motor ini lebih kencang dalam ranah top speed. Sebab mimin sendiri pun mampu meraih kecepatan serupa di atas 100 km/jam tanpa menghidupkan fitur YECVT.

Namun untuk mencapai kecepatan diatas 100 km/jam tersebut, prosesnya memang memakan waktu lebih lama jik adibanding saat menggunakan fitur ‘turbo’ tadi.

Konsumsi BBM Yamaha NMAX ‘Turbo’ pada 200 kilometer pertama

Sore hari, mimin beserta rekan – rekan tiba di kota Cirebon. Trip meter yang semula nol, kini berubah menjadi 244,6 kilometer. Kemudian, mimin coba periksa konsumsi BBM rata – rata berdasarkan layar bawaan motor ini, hasil yang didapat adalah 43,7 km/liter.

Hasil ini tentu berbeda – beda. Contohnya, ada rekan mimin mampu tembus di atas 45 km/liter dan ada rekan mimin lainnya yang hanya mapu tembus 35,5 km/liter. Ini sangat dipengaruhi oleh cara berkendara dari masing – masing rider.

Silahkan cek juga: Berita Otomotif 30 Juli 2024

Mimin sendiri pun cenderung menggunakan riding style sesuai dengan ritme kecepatan rombongan konvoi dan situasi lalu lintas saat dilewati. Artinya mimin tidak sengaja main irit – iritan. Bila bertemu dengan kondisi jalanan yang kosong pun mimin tidak segan – segan memuntir tuas gas hingga gaspol.

Hasil tersebut memang tak sepenuhnya akurat. Butuh metode full to full untuk melihat pengukurannya secara lebih detail. Namun untuk sementara ini, mimin rasa sudah cukup untuk menggambarkan seberapa haus NMAX ‘Turbo’ menenggak bensin saat dipakai ke luar kota.

Lalu bagaimana untuk konsumsi BBM saat sampau ke Jogja? Mimin akan membuat artikel terpisah, sekaligus memberi info kepada pemirsa kegunaan lain dari fitur YECVT saat menelusuri jalanan berbukit yang rutenya naik dan turun membuat NMAX ‘turbo’ ini asyik untuk diajak touring.

Otomotif 31 Juli 2024 – Fitur Andalan NMAX Neo, Varian NMAX yang Paling Rendah

Otomotif 31 Juli 2024 – Yamaha NMAX generasi terbaru bukan hanya versi Turbo saja yang dijual, tetapi ada juga varian terendahnya yakni seri Neo. Secara tampilan, Yamaha NMAX Neo ini serupa dengan Yamaha NMAX Turbo, fiturnya pun masih tergolong mumpuni untuk penggunaan harian.

Perbedaan yang paling mencolok antara Yamaha NMAX Turbo dan Yamaha NMAX Neo adalah transmisinya. Yamaha NMAX Turbo sudah menggunakan Yamaha Electric Continuously Variable Transmission atau disingkat YECVT, CVT baru yang sudah tidak memakai roller konvensional. Diganti perannya dengan menggunakan piranti perangkat elektronis.

Sedangkan di Yamaha NMAX Neo, transmisinya masih menggunakan CVT biasa, ada roller dan part-part yang sering ditemukan pada transmisi motor skutik pada umumnya. Begitu juga untuk mesinnya yang menyemburkan tenaga sebesar 15,1 PS dan torsi 14,2 Nm.

Ulasan Yamaha NMAX Neo

Pada Yamaha NMAX Neo masih menggunakan anak kunci biasa. Untuk mendapatkan fitur smart key dari Yamaha NMAX baru ini, pemirsa dapat memilih varian Neo S dengan harga banderol kisaran Rp 33,7 juta selisih satu juta dengan varian Neo.

Walaupun ada perbedaan di sektor transmisi dan sistem pengamanan, Yamaha NMAX Neo menggunakan sistem penerangan yang sama dengan Yamaha NMAX Turbo. Yang berarti Yamaha NMAX Neo ini tetap disematkan lampu utama dengan proyektor LED DRL baru.

Kemudian, Yamaha NMAX Neo ini juga mendapatkan speedometer baru yang sebenarnya masih mirip dengan Yamaha NMAX generasi sebelumnya. Layar display negatif, pilihan odometer trip A dan B, tegangan baterai, trip oli dan CVT beltnya, konsumsi BBM, indikator bensin dan sebagainya. Informasi tersebut dapat dilihat secara bergantian dengan menekan tombol menu yang ada di sebelah kiri stang.

Jadi informasi yang diberikan layar display Yamaha NMAX Neo ini tergolong lengkap untuk motor yang dibanderol dengan harga Rp. 32,7 juta ini. Pada sisi kiri bodi, terdapat colokan untuk mengisi baterai smartphone namun masih butuh adaptor. Berbeda dengan yang ada di Yamaha NMAX Turbo yang power outletnya sudah menggunakan colokan USB-A.

Tidak lupa juga, Yamaha NMAX Neo sudah mendapatkan fitur Y-Connect. Jadi motor dapat terhubung ke smartphone untuk menampilkan notifikasi seperti SMS dan telepon. Yamaha NMAX Neo dijual dengan empat varian warna yaitu hitam, putih, merah dan biru.

Updated: August 1, 2024 — 8:45 am
Berita Otomotif Terkini © 2024 Frontier Theme