Berita Otomotif 2 Agustus 2024

Otomotif 2 Agustus 2024 – Sensasi Berkendara dengan Yamaha NMAX Turbo Rute Jakarta – Jogjakarta

Otomotif 2 Agustus 2024

Otomotif 2 Agustus 2024 – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan generasi terbaru dari keluarga maxi mereka, yakni All New Yamaha NMAX Turbo. Motor berbodi besar ini hadir untuk memberikan kegembiraan bagi penggunanya yang suka melakukan akselerasi dan juga deselerasi.

Berbicara akselerasi, rasanya hampir semua pabrikan kendaraan skutik menggunakan jargon tersebut untuk strategi pemasaran mereka. Sedangkan untuk deselerasi, rasa – rasanya hampir tidak ada yang memiliki teknologi tersebut.

Mengambil kesempatan yang baik ini, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan motor matic yang bisa melakukan deselerasi. Atau bahasa umumnya adalah engine brake yang kebanyakan hanya bisa dilakukan oleh kendaraan non matic.

Untuk merasakan sensasi tersebut, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan kesempatan kepada mimin. Untuk mencoba berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Yamaha NMAX Turbo ini dari Jakarta hingga menuju Jogjakarta pada akhir bulan lalu.

Kendaraan ini hadir dengan teknologi baru. Yang membuat para pengendaranya merasa tidak terbebani saat bermanuver di lintasan lurus maupun tikungan sekaligus. Hal tersebut dirasakn mimin ketika melewati berbagai kondisi jalan dari Jakarta menuju Jogjakarta.

Otomotif 2 Agustus 2024 – Sensasi berkendara All New Yamaha NMAX Turbo

Sepanjang jalan yang didominasi oleh lintasan lurus. Motor yang terkenal bongsor ini memberikan kesan yang begitu agresif saat pertama kali ditunggangi. Meskipun begitu, begitu banyak tombol yang disematkan pada motor All New Yamaha NMAX Turbo ini menyulitkan mimin beradaptasi untuk bisa memanfaatkan teknologi yang dikemudikan pada tombol YShift.

Matic terbaru All New Yamaha NMAX Turbo hadir dengan dapur pacu mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru yang disempurnakan dan juga sudah disematkan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang mampu memberikan sensasi berkendara yang mengasyikan dengan hentakan ‘TURBO’ nya.

Silahkan cek juga: Berita Otomotif 1 Agustus 2024

Dengan hadirnya fitur dan teknologi teranyar yang disematkan pada All New Yamaha NMAX Turbo ini. Motor bongsor ini mendapatkan peningkatan torsi sebesar 0,3 NM dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya memiliki torsi 13,9 Nm.

Dengan berbekal mesin yang dibawanya, All New Yamaha NMAX Turbo dipercaya dapat menyemburkan tenaga hingga 11,3 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi sebesar 14,2 Nm pada putaran 6.500 rpm. Fitur terbaru All New Yamaha NMAX Turbo, yakni YShift. Terdapat dua mode berkendara yang dapat dipilih, yatu T Mode atau Town Commuting dan S Mode atau Sport Touring. Mode T sangat cocok digunakan di area perkotaan dengan tingkat mobilitas yang padat. Sedangkan mode S sangat cocok digunakan saat membutuhkan akselerasi lebih terutama saat perjalanan luar kota.

Otomotif 2 Agustus 2024 – Sensasi berkendara All New Yamaha NMAX Turbo

Meskipun begitu, sepanjang perjalanan dari Indramayu menuju Cirebon, mimin tetap konsisten menggunakan mode S. Mimin mersakan tenaga yang dihasilkan terasa cukup untuk menyalip kendaraan yang ada di depan, baik mobil penumpang maupun truk gandeng kontainer.

Hal tersebut berkat bantuan level yang tersedia yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil momentum saat menyalip kendaraan yang ada di depan. Terdapat tiga tingkatan level pada motor ini, yakni 1 untuk low, 2 untuk medium dan 3 untuk high. Menurut Tim Yamaha Riding Academy PT YIMM Arief, para pengendara dapat mengubah mode level itu dengan menekan tombol lever di sebelah kiri setang.

“Dengan adanya teknologi terbaru ini, pengendara akan dapat merasakan tenaga bantuan dari setiap mode dan level yang dipilih dan itu sesuai dengan kebutuhan, misal kalau level 2 sudah cukup tidak perlu lagi hingga capai level 3. Sehingga memberikan rasa ‘TURBO'” ujar Muhammad Arief.

Setelah puas dengan mode S yang dirasakan hingga Cirebon, Jawa Barat. Keesokan harinya rombongan mimin langsung bergegas menuju Dieng, Wonosobo. Jalur itu sangat menantang bagi para pengendara motor.

Pemandangan indah yang ditawarkan oleh wilayah tersebut memberikan sensasi berkendara yang sangat menantang. Banyaknya tanjakan, turunan dan jalan tidak rata membuat para pengendara harus lebih waspada dan konsentrasi dalam menyeimbangkan motornya.

Sensasi berkendara All New Yamaha NMAX Turbo

Dari mulai wilayah ini, mode di reset menjadi ke mode T. Dengan mengubah mode ke T, motor ini bisa mengatasi situasi maupun kondisi jalan yang susah untuk ditebak. Dengan mode T ini, mimin merasakan tidak adanya kesulitan untuk menerabas jalan tersebut.

Lagi – lagi, fitur terbaru dari All New Yamaha NMAX Turbo ini hadir sebagai penolong saat menaklukkan berbagai kondisi jalan yang ada. Mimin menggunakan mode tersebut untuk dua kondisi.

Kondisi pertama untuk jalan menanjak dengan level 3 sekaligus. Cara ini memang disarankan untuk bisa menaklukkan berbagai medan yang tergolong ekstrem.

Kegembiraan muncul saat rombongan mimin dapat merasakan sensasi deselerasi pada motor matic. Rombongan mimin dengan sigap menggunakan fitur ini untuk menaklukkan tikungan yang tajam guina agar tidak keluar jalur dan meminimalisir pengunaan rem.

“Untuk deselerasi atau bahasa umumnya itu engine brake, pengendara hanya cukup tutup gas, baru tekan tombol Y Shift, sesuai dengan level yang dirasa dibutuhkan. Kalau tikungan tajam, alangkah baiknya itu tiga kali berturut – turut agar lebih aman” kata Muhammad Arief.

Dengan adanya bantuan teknologi tersebut, mimin tidak merasakan kesulitan dalam mengikuti rombongan mimin saat menaklukkan berbagai tikungan dan tanjakan yang tajam.

Sensasi berkendara All New Yamaha NMAX Turbo

Selain itu, bantuan stabilisasi pada motor matic ini juga terjamin. Pada varian tertingginya yaitu All New Yamaha NMAX Turbo Tech Max Ultimate ini. Para pengendara akan semakin percaya diri ketika melahap berbagai tikungan tajam melalui benaman aksesoris Performance Damper.

Aksesori yang sebelumnya hadir di motor Yamaha XMAX 250 itu, muncul di motor All New Yamaha NMAX Turbo Tech Max Ultimate ini. Untuk mendukung performa handling yang semakin stabil selama perjalanan dan ketika cornering melahap banyak macam tikungan.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak hanya memberikan ubahan pada sektor mesin yang membuat para penggunanya tersenyum lebar saat mengendarainya. Sektor desain juga mengalami perubahan yang membuat All New Yamaha NMAX Turbo ini begitu anggun dan elegan.

Pada sektor pencahayaan, motor ini sudah dibekali dengan lampu LED proyektor. Sehingga menambah kepercayaan diri para pengendara saat menyongong malam hari.

Pada bagian buritannya, motor All New Yamaha NMAX Turbo ini juga memiliki perubahan dari generasi sebelumnya. Motor NMAX terbaru ini hadir dengan desain yang lebih pipih untuk menegaskan kesan yang sporty dan garang.

Dari segi dimensi, motor ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Motor Maxi ini memiliki dimensi 1.935 mm x 740 mm dan tinggi 1.200 mm.

Updated: August 3, 2024 — 8:21 am
Berita Otomotif Terkini © 2024 Frontier Theme